INFORMASI HASIL KAJIAN KESTABILAN LERENG BERBASIS METODE NUMERIS PADA RUAS JALAN TAWAELI TOBOLI

Main Article Content

Sriyati Ramadhani

Abstract

Wilayah Sulawesi Tengah merupakan tingkat rawan bencana longsor yang cukup tinggi. Salah satu wilayah yang sering terjadi longsor yaitu pada lereng ruas jalan Tawaeli Toboli. Curah hujan yang cukup tinggi serta topografi wilayah tersebut yang terdiri dari perbukitan yang terjal menjadi pemicu terjadinya longsor. Beberapa penelitian tentang kajian kestabilan lereng di daerah ruas jalan Tawaeli Toboli telah dilakukan sehingga dari hasil penelitian tersebut dianggap penting untuk disosialisasikan sehingga masyarakat setempat serta pemerintah mendapatkan informasi terkait kondisi kestabilan di daerah tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi hasil kajian kestabilan lereng berbasis metode numeris pada ruas jalan Tawaeli Toboli pada masyarakat.


Khalayak sasaran kegiatan desiminasi informasi hasil kestabilan lereng adalah masyarakat dan siswa sekolah. Metode kegiatan berupa metode ceramah bervariasi untuk menyampaikan konsep tentang tanah longsor yang penting untuk dimengerti oleh masyarakat sasaran, meliputi pengertian, macam/jenisnya, gejala umum terjadinya, faktor penyebab terjadinya, dan cara pencegahannya.


Hasil dari kegiatan ini adalah Pemahaman masyarakat terhadap kondisi riil wilayah sekitar pemukiman meningkat, kewaspadaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadi bahaya longsor akibat dari gempa bumi semakin meningkat, masyarakat telah mendapat bekal pengetahuan yang memadai dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bahaya longsor, tingkat pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam proses mitigasi bencana longsor meningkat dan terinisiasinya kerjasama yang baik antara unsur Perguruan Tinggi dengan masyarakat serta Pamong Desa dalam hal tanggap bencana longsor.

Article Details

Section
Articles